Remoter.id

Remoter.id

Membangun Halaman Portofolio Tanpa Projek

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Membangun Halaman Portofolio Tanpa Projek

remoter id's photo
remoter id
·Jan 10, 2022·

3 min read

Subscribe to our newsletter and never miss any upcoming articles

Play this article

Portofolio adalah pertimbangan utama klien dalam memilih talenta/pekerja dalam sebuah projek. Siapapun yang mau memulai karir di bidang digital pasti dihadapi masalah bagaimana membangun halaman portofolio meskipun mereka belum mengerjakan satu projek sekalipun.

Baca: Pentingnya membangun halaman portofolio untuk mendapatkan client

Artikel ini akan membahas beberapa portofolio yang dapat anda buat sebelum mendapatkan projek pertama

1. Projek impian

Anda dapat membuat beberapa projek sederhana sesuai dengan projek yang ingin dikerjakan. Dengan memiliki portofolio di bidang yang diminati, kesempatan untuk mendapatkan projek sejenis akan lebih tinggi.

2. Kloning produk yang sudah ada

Banyak sekali produk yang sudah ada di pasaran. Anda mungkin memiliki pendapat sendiri mengenai bagaimana produk tersebut seharusnya bekerja. Menduplikasi produk dengan menambahkan kreativitas pribadi tentunya akan memberi nilai tambah portofolio yang dimiliki.

3. Mengikuti perlombaan

Mengikuti perlombaan memiliki banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Selain mendapatkan portofolio yang bisa anda gunakan, mengikuti perlombaan dapat mengasah kemampuan yang dimiliki untuk mejadi semakin baik. Jika anda menang, tentu kredibilitas portofolio anda akan meningkat. Jika kalah, anda dapat mempelajari karya pemenang dan dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan anda ke depan.

4. Tugas sekolah/bootcamp

Jika tugas sekolah atau bootcamp yang anda dapatkan kebetulan sesuai dengan jasa yang ingin anda tawarkan maka anda juga dapat mencantumkannya sebagai portofolio yang bisa anda tawarkan

Saya sudah memiliki portofolio, bagaimana cara menampilkan portofolio yang saya miliki agar dapat ditemukan oleh pencari jasa?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menampilkan portofolio anda. Berikut adalah cara yang sering dipakai oleh talenta digital

1. Membangun portofolio dalam bentuk PDF

Kebanyakan talenta membuat portofolio dalam bentuk PDF. Untuk mendesain portofolio yang menarik, skill desain menjadi salah satu hal yang dibutuhkan.

Anda dapat mengupload portofolio anda ke situs penyimpanan onliine seperti google drive untuk membagikan portofolio anda dengan yang lain. Setiap kali anda memiliki portofolio baru, jangan lupa untuk mengganti PDF lama anda dengan yang baru

2. Membangun portofolio dalam bentuk website

Jika anda memiliki kemampuan web development yang baik, anda dapat membangun portofolio website anda sesuai dengan kreatifitas. Tidak punya kemampuan pemograman? Jangan khawatir, anda dapat menggunakan situs pembuatan web tanpa coding seperti wix, wordress, dan google sites.

Hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat website portofolio adalah bagaimana meningkatkan Search Engine Optimisation website anda agar dapat dicari oleh pengguna jasa.

3. Membangun portofolio di platform

Keunggulan membangun portfolio di platform adalah portofolio yang diunggah akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang membutuhkan jasa anda tanpa perlu memikirkan SEO.

Salah satu platform yang bisa digunakan adalah dgtal.id. Di platform tersebut talenta dapat menampilkan portofolio dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video. Kunjungi https://remoter.id/

Home | Remoter.id
This community is made to help digital talents in the whole Indonesia to learn, share, and seek new opportunities…remoter.id

Selain Remoter.id, situs internasional seperti Behance dan dribbble dapat digunakan untuk talenta di bidang design.

 
Share this